Friday 9 December 2011

PENYEBAB RUNTUHNYA JEMBATAN KUTAI KARTANEGARA KALIMANTAN

Jembatan kutai kartanegara kalimantan yang merupakan salah satu jembatan panjang kebanggaan bangsa indonesia, berbagai spesifikasi serta penelitian telah dilakukan untuk menemukan penyebab kerobohan jembatan kutai kartanegara tersebut, mari kita analisa penyebab keruntuhan jembatan kalimantan ini  Sebelumnya kita lihat dahulu data teknis  jembatan kuati kartanegara kalimantan ini


Gambar jembatan sebelum mengalami keruntuhan

 spesifikasi jembatan
Nama resmi : Jembatan Kutai Kartanegara Ing Martadipura
Desain struktur : Jembatan gantung berkabel tunggal dengan bahan profil baja.
Panjang total : 710 m
Panjang bentang utama : 270 m
Ruang bebas 15 m dengan vertical clearence 5m
Tanggal mulai dibangun adalah 17 Agustus 1945
Selesai dibangun tahun 2001
Mengalami kerobohan tanggal 26 November 2011




Gambar Tiang jembatan setelah mengalami keruntuhan






Gambar sisa badan jalan setelah mengalami kerobohan



    


 Kesalahan perencanaan jembatan

Perencanaan yang keliru dalam membuat desain jembatan akan menghasilkan pemilihan tipe bahan bangunan serta dimensi material dibawah batas kekuatan yang diperlukan, jika hal ini terjadi maka sebuah struktur bangunan yang sudah jadi atau masih dalam tahap pembangunan bisa dipastikan akan mengalami kerobohan karena struktur jembatan tidak kuat menahan beban yang terjadi baik itu berat sendiri jembatan, beban hidup seperti kendaraan lewat, beban angin sampai dengan beban gempa menyesuaikan lokasi dimana jembatan tersebut dibangun.


Perencanaan sudah benar namun terjadi pengurangan spesifikasi bahan dalam pelaksanaan

Meskipun proses perencanaan jembatan seudah dilakukan dengan benar serta adanya penambahan faktor keamanan akibat beban tak terduga namun jika dalam pelaksanaanya terjadi pengurangan bahan maka akan terjadi penurunan hasil kekuatan struktur yang sudah dibangun kurang dari hasil perencanaan sebelumnya, istilah mudahnya misalnya dalam perencanaan ditentukan menggunakan besi diamter 13 mm namun dalam pelaksanaan digunakan besi 8 mm maka hal ini dapat menyebabkan keruntuhan jembatan.

Terjadi kelelahan bahan akibat beban tak terduga

Berbagai macam beban yang tidak terduga sebelumnya sehingga tidak masuk kedalam daftar data perencanaan juga bisa jadi penyebab kegagalan struktur misalnya ketika melewati jembatan tertentu terkadang kita melihat sebuah papan yang bertulisakan maksimal berat kendaraan yang boleh lewat, nah jika hal ini dilanggar dengan masuknya kendaraan yang lebih berat atau dengan jumlah diluar batas kemampuan kekuatan jembatan maka akan dapat menjadi penyebab keruntuhan.

 Terjadi perlemahan struktur jembatan

Misalnya sebagai akibat sebagian bahan bangunan mengalami kerusakan seperti besi yang mengalami perkaratan atau mengendornya sambungan baut pada satu bagian struktur juga dapat menjadi penyebab robohnya jembatan, oleh karena itu diperlukan kegiatan pemeliharaan jembatan dengan jadwal yang baik sehingga setiap kerusakan pada jembatan langsung dapat diperbaiki sebelum negalami keruntuhan.


Terjadi perusakan pada jembatan

Faktor kesengajaan untuk merusak sebuah jembatan yang sudah dibangun juga dapat menjadi penyebab robohnya jembatan, misalnya dengan mengendorkan bagian sambungan baut, atau melakukan hal-hal lainya yang mampu melemahkan struktur kembatan, sehingga diperlukan upaya pengawasan yang ketat pada jembatan yang beresiko mengalami perusakan bangunan.



Dan masih banyak lagi faktor yang menyebabkan runtuhnya jembatan,  Analisa penyebab runtuhnya jembatan kutai kartenegara kalimantan silahkan dipikirkan kembali.


0 comments:

Post a Comment