Wednesday 13 June 2012

Pentingnya keselamatan dan Kesehatan Kerja



Perlindungan tenaga kerja meliputi aspek-aspek yang cukup luas, yaitu perlindungan keselamatan, kesehatan, pemeliharaan moral kerja serta perlakuan yang sesuai dengan martabat manusia dan moral agama. Perlindungan tersebut dimaksudkan agar tenaga kerja secara aman melakukan pekerjaannya sehari-hari untuk meningkatkan produksi dan produktivitas.

         Keselamatan kerja dan kesehatan kerja adalah Suatu kondisi dalam pekerjaan yang sehat dan aman baik itu bagi pekerjaannya, perusahaan maupun bagi masyarakat dan lingkungan sekitar pabrik atau tempat kerja tersebut.
         Keselamatan kerja adalah keselamatan yang berkaitan dengan mesin, pesawat, alat kerja, bahan dan proses pengolahannya, landasan tempat kerja dan lingkungannya serta cara-cara melakukan pekerjaan.
         Keselamatan kerja adalah keselamatan yang bertalian dengan  mesin, pesawat, alat kerja, bahan dan proses pengolahanya, landasan  tempat kerja dan lingkungannya serta cara-cara melakukan pekerjaan.  Keselamatan kerja adalah tugas semua orang yang bekerja. Keselamatan kerja menyangkut segenap proses produksi dan distribusi, baik barang  maupun jasa

Kesehatan kerja adalah spesialisasi dalam ilmu  kesehatan/kedokteran beserta prakteknya yang bertujuan, agar  pekerja/masyarakat pekerja memperoleh derajat kesehatan setinggi  tingginya, baik fisik, atau mental, maupun sosial, dengan usaha-usaha  preventif dan kuratif, terhadap penyakit-penyakit/gangguan-gangguan  kesehatan yang diakibatkan faktor-faktor pekerjaan dan lingkungan kerja,  serta terhadap penyakit-penyakit umum.

Agar tidak mengalami cedera akibat kerja. Pelindung badan yang harus digunakan pada pekerjaan konstruksi adalah sebagai berikut:
  1. Sabuk Pengaman
  2. Topi Keras (Helm)
  3. Sarung Tangan
  4. Sepatu Kerja
  5. Penutup Hidung (Masker)
  6. Kacamata
  7. Pelindung Telinga


0 comments:

Post a Comment