Sunday 17 June 2012

LAPORAN METODE FALLING HEAD


1. Tujuan Pengujian Test ini bertujuan untuk menentukan besarnya koefisien rembesan (k) dari tanah berbutir halus  (lempung).
Menyiapkan alat rembesan metode Falling Head

2.      Peralatan dan bahan yang diperlunkan :
a.       Falling head permeameter
b.      Malam
c.       Timbang dengan ketilitian 0,1 gram
d.      Termoter dengan ketelitian 0,1˚C
e.       Stop watch
f.       Kertas Filter
g.      Tanah berbutir halus (lempung)

3.      Urutan Pelaksanaan Test :
a.       Memeriksa dan menyiapkan tabung test falling head sebelum digunakan.
b.      memasang malam pada bagian bawah tabung, lau diatas malam tersebut diberi kertas filter.
c.       Memasukkan cotoh tanah (lempung) yang akan ditest sambil dipadatkan pelan-pelan sampai batas yang ditentukan pada tabung falling head.
d.      Apabila tanah lempung yang dimasukkan sudah sampai pada batas tertntu, lalu memberikan kertas filer diatas tanah pasir tersebut.
e.       Terakhir memasang malam diatas kertas filter pada urutan langkah no 4, lalu menutup tabung dengan cara memutar baut yang ada tabung test tersebut.
f.       Mengalirkan air melalui pipa plastic ke dalam burette, air akan mengalir dari burette ke contoh tanah dan akhirnya ke corong. Juga harus mengontrol bahwa tidak ada kebocoran pada alat dan tidak ada gelembung-gelembung udara yang tertinggal di dalam pipa.
g.      Membiarkan air mengalir melalui contoh tanah untuk beberapa saat guna membuat contoh tanah yang ditest cukup basah.
h.      Setelah itu, mengamati penurunan air dalam pipa yang tingginya sekitar 1 m setiap 30 menit. Dan mencatat hasil pengamatan.

0 comments:

Post a Comment