Sunday 17 June 2012

LAPORAN TES CONSTANT HEAD

1. Tujuan Pengujian :Test ini bertujuan untuk menentukan besarnya koefisien rembesan (k) dari tanah               berbutir kasar (Pasir). Berikut ini merupakan gambar praktek kerja tes rembesan dengan menggunakan         metode constant head

Mengalirkan air dari alat ke gelas ukur

2.    Peralatan dan bahan yang diperlunkan :
a.       Constan head permeameter
b.      Gelas ukur yang mempunyai volume 250 s/d 500 cc
c.       Timbang dengan ketilitian 0,1 gram
d.      Termoter dengan ketelitian 0,1˚C
e.       Stop watch
f.       Kertas Filter
g.      Tanah Pasir

3.      Urutan Pelaksanaan Test :
i.     Memeriksa  dan menyiapkan tabung test constant head sebelum digunakan.
b.      Memasang kertas filter dan kasa pada bagian bawah tabung  Constan head permeameter
c.       Memasukkan cotoh tanah (pasir) yang akan ditest sambil dipadatkan pelan-pelan sampai batas yang ditentukan pada tabung constant head.
d.      Apabila tanah pasir yang dimasukkan sudah sampai pada batas tertntu, lalu meletakkan kertas filer diatas tanah pasir tersebut.
e.       Terakhir memasang  kertas filter pada urutan langkah no 4, lalu tutuplah tabung dengan cara memutar baut yang ada tabung test tersebut.
f.       menyalakan kran air masuk kedalam selang, dan terjadilah aliran air dalam tanah. Dan memeriksa agar didalam selang tersebut tidak ada udara sama sekali. Untuk mengeluarkan udara yang ada didalam selang dapat dilakukan dengan cara menyentil-nyentil selang tersebut. Kran air tersebut diputar terus sambil dilihat agar selang benar-benar tidak terisi udara.
g.      Air akan mengalir naik/masuk kedalam pipa kesatu dan kedua. Air yang mengalir pada kedua pipa tersebut harus diatur sedemikian rupa hingga mempunyai perbedaan yang konstan.
h.      Apabila udara dalam selang sudah benar-benar hilang, dan mengusahakan tanah pasir yang berada sudah dalam keadaan jenuh. Apabla aliran air sudah lancer (stedy flow), dan beda tinggi permukaan pipa kesatu dan dan pipa kedua sudah konstan, maka mulailah dilakukan pengukuran. Air yang mengalir keluar dari dalam tabung constant head ditampung didalam gelas ukur (volume air yang dikumpulkan = Q). mencatat waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan air didalam gelas ukur. Dan mencatat temperature yang ada dalam gelas ukur.


mengulangi langkah no 7 sebanyak tiga kali, isahakan waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan air yang mengalir kedalam gelas kur tersebut sama untuk ketiga test. Tentukan harga Q untuk tiap-tiap test. Dari

0 comments:

Post a Comment